About me

Jumat, 09 November 2012

USG

USG Obstetri menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar bayi dalam rahim. USG sangat efisien aman dan tidak menyakitkan pencitraan modalitas untuk memeriksa janin. Dengan demikian, dianggap menjadi alat kebidanan yang sangat diperlukan dan memainkan peran penting dalam perawatan setiap wanita hamil.  
 
Paling baik dilakukan sebelum 10 minggu kehamilan. Selain mendiagnosa dan mengkonfirmasikan awal kehamilan, pemeriksaan ini juga dapat mengkonfirmasi lokasi kehamilan berada dalam rahim.
 Scan yang dilakukan antara 8 sampai 13 minggu kehamilan adalah yang paling akurat dalam prediksi tanggal jatuh tempo bayi. Hal ini dilakukan dengan mengukur panjang bayi dari kepala ke bokong (crown-rump length). Kehadiran dan jenis kehamilan kembar dapat akurat didiagnosis dengan pemeriksaan ini.
Trimester Pertama untuk
Skrining Down Syndrome
Dikenal juga sebagai OSCAR (One Stop Clinic Pengkajian Risiko), Skrining Trimester Pertama menilai risiko bayi dalam rahim yang memiliki Down Syndrome. Cara yang paling akurat untuk memperkirakan risiko membawa bayi Sindrom Down adalah dengan menggabungkan informasi dari (1) usia ibu, (2) temuan dari pemeriksaan ultrasound pada 11 sampai 13 +6 kehamilan minggu (nuchal translucency scan) dan (3) informasi yang diperoleh dari tingkat dua hormon (gratis ß-hCG dan PAPP-A) dalam darah ibu. Dalam kehamilan dipengaruhi oleh sindrom Down, ada kecenderungan untuk tingkat bebas ß-hCG akan meningkat dan PAPP-A akan berkurang. Scan nuchal translucency adalah scan ultrasound dilakukan antara 11 dan 13 +6 minggu kehamilan, di mana cairan di bagian belakang leher bayi (yang tembus nuchal) diukur.  
 
Semua bayi akan memiliki beberapa cairan di sini tapi pada bayi dengan Down Syndrome, cairan cenderung meningkat. Anatomi janin juga akan diperiksa karena ada beberapa kelainan fisik yang dapat didiagnosis pada tahap kehamilan. Tengkorak dan otak janin, tulang hidung, lengan, kaki, perut, tulang belakang, perut dan kandung kemih akan diperiksa. Scan ini harus dilakukan oleh personil terlatih diakreditasi oleh Yayasan Fetal Medicine.

Anomali Fetal Screening Pindai
Scan Anomali Fetal Screening adalah scan rinci yang dilakukan pada sekitar 18 sampai 21 minggu. Tujuan utama dari scan ini adalah untuk menguji struktur anatomi janin untuk memeriksa anomali utama, memberikan perhatian khusus pada otak, wajah, tulang belakang, jantung, paru-paru, lambung, usus, ginjal, kaki, alat kelamin, dan tali pusat. Janin juga diperiksa untuk variasi kecil dari anatomi normal (penanda lunak) yang lebih umum ditemukan pada bayi dengan kelainan kromosom. Selain itu, pertumbuhan janin, jumlah cairan ketuban, posisi plasenta dan aliran darah rahim juga dinilai selama pemindaian. 
Pemeriksaan PertumbuhanScan pertumbuhan dapat dilakukan pada trimester kedua kehamilan untuk menilai pertumbuhan dan kesejahteraan bayi. Selama scan, kepala bayi, perut dan tulang paha diukur, jumlah cairan ketuban di sekitar bayi dinilai, aktivitas bayi diamati dan posisi plasenta dicatat. 
Doppler USG Untuk Memeriksa Kesejahteraan Fetal
Doppler Sonografi adalah aplikasi USG khusus yang digunakan untuk mengevaluasi aliran darah antara plasenta ke janin seperti Arteri umbilical, serta aliran darah dalam pembuluh janin besar seperti Arteri Cerebral Tengah dan duktus venosus. Untuk janin yang terdeteksi tidak tumbuh seperti diharapkan, Doppler Sonografi digunakan untuk mendeteksi tanda-tanda awal dari kekurangan oksigen. 

Pada wanita yang berisiko tinggi untuk kelahiran prematur (inkompetensi serviks, kehamilan kembar, kelahiran prematur sebelumnya, kelainan rahim atau serviks operasi sebelumnya), panjang leher rahim dapat diukur dengan menggunakan scan ultrasound. Panjang serviks dipersingkat dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Dalam kasus yang ditunjukkan, jahitan dapat ditempatkan pada leher rahim (serviks cerclage) untuk mencegah pelebaran dini.
 
USG 3D dan 4D
Pemeriksaan USG 3D menyediakan gambar tiga dimensi dari bayi. Pemeriksaan USG 4D adalah menyediakan gambar empat dimensi dari bayi. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat bayi yang belum lahir Anda secara detail waktu yang menakjubkan nyata. Sekitar 12 minggu dalam kehamilan, Anda dapat melihat bayi utuh Anda. Waktu terbaik untuk melihat wajah bayi adalah antara 25 hingga 32 minggu kehamilan. 3D dan 4D scan ultrasound secara khusus dimaksudkan untuk ibu yang ingin foto kenang-kenangan atau video dari anak yang belum lahir mereka.

0 komentar :

Posting Komentar