About me

Jumat, 09 November 2012

Minggu ke Minggu dalam Kehamilan

Minggu 0-4

    
Pembuahan terjadi 2 minggu setelah haid terakhir . Pada minggu 4, telur yang telah dibuahi telah tertanam di lapisan rahim. 

Anda mungkin akan mengalami sedikit pembengkakan atau nyeri di payudara Anda.
Minggu 5-8

    
Sistem saraf pusat bayi mulai berkembang. Kepala sangat besar dibandingkan dengan seluruh tubuh.
    
Bayi berkembang dari embrio (sekitar 2mm panjang) pada minggu ke-5 sampai janin (sekitar 15mm panjang) pada sekitar minggu 8.
    
Pada minggu 6, detak jantung dapat dilihat pada ultrasonografi.
Anda mungkin telah memastikan kehamilan dengan tes kehamilan sekarang. Ada peningkatan hormon untuk mempersiapkan tubuh untuk kehamilan dan Anda mungkin mulai menderita mual atau muntah.Suplemen folat terbukti mengurangi kejadian kelainan otak dan sumsum tulang belakang, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan.Minggu 9-12

    
Pada akhir minggu ke-12, semua anggota badan dan sebagian besar organ-organ bayi terbentuk.
    
Bayi memiliki telinga, hidung dan kelopak mata yang tertutup.
    
Bayi bergerak dengan bebas meskipun gerakan-gerakan ini belum
dapat dirasakan .
Anda mungkin akan mengunjungi toilet lebih sering disebabkan oleh peningkatan tekanan pada kandung kemih Anda dari janin yang sedang berkembang.Dianjurkan untuk melakukan pemriksaan USG sekitar minggu 12 kehamilan. Selain itu, penilaian kehamilan kembar (jika ada) dan Penyaringan Trimester Pertama (FTS) untuk Sindrom Down dapat dilakukan juga.
Minggu 13-18

    
Bayi mengembangkan bulu mata dan alis. Jari-jari tangan dan kaki bayi memiliki kuku yang lembut. Rambut mulai muncul di kepala bayi.
    
Pada minggu 18, panjang bayi lebih dari 12 cm panjang dan beratnya lebih dari 150 gram.


Mual biasanya hilang pada masa ini dan Anda merasa  penuh energi. Anda mungkin melihat puting Anda menjadi lebih gelap dan garis halus muncul di tengah perut Anda. Pakaian Anda mungkin terasa lebih kencang saat rahim anda tumbuh. Hindari berdiri atau berjalan untuk jangka waktu yang lama dari sekarang dan seterusnya karena dapat menyebabkan pusing pada beberapa wanita hamil.
Minggu 19-24

    S
ekitar 20 minggu, akan terbentuk sidik jari.
    
Bayi bergerak, menendang, menelan dan bahkan mendengar suara Anda.
    
Bayi akan membuka kelopak matanya untuk pertama kalinya dan mulai untuk tidur dan bangun dalam pola teratur.
    
Pada akhir minggu ke-24,  panjang bayi 30cm dan beratnya sekitar 500 gram.
Sebagian besar ibu akan merasakan gerakan janin pada minggu ke 20. Stretch mark mungkin mulai muncul pada payudara, perut dan paha. Ibu harus menghindari berbaring datar  pada punggung mereka untuk jangka waktu dari mulai ini dan seterusnya. Sebuah bantal kecil harus terjepit di bawah satu sisi belakang saat tidur.
Dianjurkan untuk memeriksai scan anomali skrining janin untuk menilai struktur bayi sekitar minggu 18 sampai 21.
Tujuan utama dari scan ini adalah untuk menguji struktur anatomi janin untuk memeriksa anomali utama, memberikan perhatian khusus pada otak, wajah, tulang belakang, jantung, paru-paru, lambung, usus, ginjal, kaki, alat kelamin, dan tali pusat.
Minggu 25-28

    
Bayi lebih aktif. Bayi
menelan sebagai cairan ketuban, ia mungkin memiliki cegukan yang sering dirasakan sebagai gerakan kecil yang sangat teratur berlangsung selama beberapa menit.
    
Vernix akan muncul pada kulit bayi sekitar 28 minggu. Zat ini, lemak putih melindungi kulitnya seperti mantel tahan air, mencegah dari menjadi basah dalam cairan ketuban.
    
Pada akhir minggu 28, bayi akan mengukur sekitar 40cm dan berat sekitar 900grams. 

Ketidaknyamanan kecil seperti kram kaki, nyeri ulu hati, sembelit dan varises dapat dirasakan. Wanita yang beresiko terkena diabetes gestasional (diabetes pada kehamilan) disarankan untuk memiliki uji toleransi glukosa oral pada minggu ke 28.Minggu 29-32
    
Pada minggu 32, sebagian besar bayi berputar dengan kepala tertunduk (presentasi kepala).
    
Pada akhir minggu ke-32, bayi sekitar 45cm dan berat sekitar 1500 gram.
Anda mungkin menderita sesak napas dan mulas saat rahim terus tumbuh ke atas. Anda mungkin mulai merasa sangat lelah. Anda kadang-kadang mungkin merasa perut Anda akan ketat dan keras, ini adalah kontraksi Braxton Hick dan kontraksi latihan untuk tenaga kerja. Hal itu mungkin berlangsung sampai beberapa menit, tetapi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Ini akan menjadi penting bagi Anda untuk mulai memantau gerakan janin dari  sekarang sampai seterusnya. Secara umum, Anda harus merasa bayi bergerak setidaknya 10 kali dalam 12 jam.
Minggu 33-36

   B
ayi tumbuh lebih besar,  ruang dalam rahim kurang baginya untuk bergerak. Selain itu, karena kematangan otaknya, gerakan yang sebelumnya tidak menentu akan tampak lebih teratur.
    
Bayi mulai bergerak ke dalam panggul dan mulai siap untuk kelahiran.
    
Pada akhir minggu 36, bayi sekarang ukuran 50cm dan berat sekitar 2400 gram.
Sebelum kepala bayi Anda mulai masuk panggul, biasanya Anda akan merasa lebih nyaman. Namun, setelah kepala bayi telah masuk panggul,  kandung kemih akan tertekan sehingga Anda akan  sering
pergi ke kamar mandi. Pola tidur mungkin terganggu karena lebih sulit untuk merasa nyaman.

Minggu 37-40

    
Bayi Anda matang dan siap untuk dilahirkan.
    
Pertumbuhan bayi dapat melambat menuju minggu 40 saat plasenta menjadi "tua".
    
Panjang rata-rata panjang bayi adalah 51cm dan berat rata-rata adalah 3 sampai 3.5kg.
Ini adalah waktu untuk membuat persiapan akhir untuk kedatangan bayi. Pastikan tas Anda dikemas . Selalu berkonsultasi dengan bidan atau dokter jika ada gejala berikut : (1) kontraksi reguler menyakitkan yang antara 45 sampai 60 detik, 5 menit terpisah yang berlangsung lebih dari satu jam, (2) tiba-tiba menyembur cairan bening dari jalan lahir, (3) perdarahan berat dari jalan lahir atau (4) menurunnya gerakan janin (kurang dari 10 gerakan dalam 12 jam).

0 komentar :

Posting Komentar