About me

Jumat, 09 November 2012

Fibroid



Fibroid merupakan pertumbuhan non-kanker yang berkembang di dalam rahim. Satu dari 5 wanita akan memiliki satu atau lebih dari tumor, yang berbagai ukuran dari kecil seperti kacang sebagai besar sebagai melon. Kebanyakan wanita memiliki fibroid kecil yang tidak memiliki gejala dan tidak memerlukan pengobatan. Gejala fibroid mungkin termasuk:
Beberapa wanita dengan fibroid mengalami perdarahan menstruasi yang berlebihan dengan berlalunya pembekuan darah. Jika menstruasi yang berat terus dicentang, wanita mungkin mengalami anemia (jumlah darah yang rendah) yang dapat menyebabkan kelelahan atau pusing.
ketidaknyamanan PanggulWanita dengan fibroid besar mungkin memiliki rasa berat atau tekanan di perut bagian bawah atau panggul. Ketidaknyamanan ini mirip dengan kehamilan ketika rahim yang membesar menekan terhadap struktur sekitarnya.
Perubahan Kandung Kemih Gejala kandung kemih paling sering dikaitkan dengan fibroid adalah kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering. Hal ini disebabkan fibroid menekan kandung kemih, mengurangi kapasitasnya untuk menahan kencing. Pada beberapa wanita yang fibroid yang menekan leher kandung kemih, mereka mungkin mengalami kesulitan buang air kecil.
Nyeri panggulGejala kurang umum adalah rasa sakit yang parah. Hal ini terjadi ketika fibroid berjalan melalui proses yang disebut degenerasi, biasanya karena outgrows suplai darah. Ini biasanya terjadi selama kehamilan.
Nyeri punggungFibroid bahwa pers terhadap otot-otot dan saraf punggung bawah dapat menyebabkan nyeri punggung.
Tekanan
Rektal 
Fibroid juga dapat menekan rektum dan menimbulkan rasa kenyang dubur, mengalami kesulitan buang air besar atau nyeri dengan gerakan usus. 
DiagnosaFibroid dapat didiagnosis dalam beberapa cara, yang paling umum di antaranya adalah: Pemeriksaan panggul - Selama pemeriksaan ginekologis rutin, dokter dapat merasakan ukuran dan bentuk rahim. Jika rahim membesar atau berbentuk tidak teratur, fibroid mungkin hadir. Ultrasound scan - Gelombang suara yang digunakan untuk membuat gambar dari rahim dan ovarium. 
PengobatanTidak ada perawatan sama sekali untuk operasi. Kecuali fibroid menyebabkan masalah pendarahan yang berlebihan, ketidaknyamanan atau kandung kemih, pengobatan sering tidak diperlukan. Wanita dengan fibroid harus dievaluasi secara berkala untuk meninjau gejala mereka, serta ukuran fibroid dan uterus.
Perawatan bedah termasuk histerektomi atau miomektomi. Yang pertama adalah pengangkatan rahim secara keseluruhan bersama-sama dengan fibroid di dalamnya. Yang terakhir ini mengacu pada penghapusan selektif hanya fibroid, meninggalkan sisa dari rahim di tempat. Masalah utama dengan miomektomi adalah pertumbuhan kembali kemungkinan fibroid baru di masa depan. Histerektomi berarti penghentian menstruasi dan kesuburan.
Tergantung pada ukuran dan lokasi fibroid, ada rute banyak untuk melakukan miomektomi dan histerektomi. Miomektomi dapat dilakukan melalui sayatan perut konvensional, laparoskopi (key-hole metode) atau transcervical (melalui serviks tanpa sayatan perut). Histerektomi dapat dilakukan melalui sayatan perut konvensional, laparoskopi (key-hole metode) atau transvaginal (melalui vagina tanpa sayatan perut).

0 komentar :

Posting Komentar