About me

Jumat, 09 November 2012

Hilangnya Periode Menstruasi


Periode menstruasi Hilang atau tidak, jika tidak karena kehamilan, biasanya memiliki penyebab hormonal. Salah satu penyebab umum di antara wanita muda adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ini adalah gangguan hormonal di mana tubuh wanita memproduksi abnormal tingkat tinggi hormon laki-laki, yang disebut androgen. Androgen mencegah indung telur dari memproduksi progesteron yang cukup, yang diperlukan untuk siklus menstruasi yang normal. Hal ini mengakibatkan folikel telur belum berkembang, yang berubah menjadi kista kecil di ovarium yang mencegah ovulasi.

Penyebab umum lainnya dari periode menstruasi yang hilang terutama di kalangan wanita yang lebih tua adalah menopause, di mana seorang wanita berhenti mengalami haid karena ovariumnya tidak lagi memproduksi estrogen. Alasan lain untuk periode menstruasi absen termasuk kurangnya ovulasi karena penyebab selain PCOS, prolaktin sekresi berlebih oleh otak, gangguan tiroid, gangguan makan dan olahraga yang berlebihan. Jarang, periode menstruasi tidak ada dapat disebabkan oleh jaringan parut dari rongga rahim sebagai akibat dari prosedur kuretase medis.
 
Diagnosa
Alasan untuk periode menstruasi tidak ada atau jarang biasanya dapat ditentukan oleh kombinasi riwayat medis, pemeriksaan fisik, USG ginekologi dan tes darah.
 
Pengobatan 
Pilihan pengobatan tergantung pada penyebab periode menstruasi jarang atau tidak ada. Pengobatan dapat melibatkan perubahan gaya hidup seperti moderasi kebiasaan diet atau olahraga dan obat hormonal seperti kontrasepsi oral, obat tiroid pil atau terapi sulih estrogen.

0 komentar :

Posting Komentar